GUIDE NEWBIE DOTA 2

 Pengenalan

Dota, seperti yang Kamu tau, adalah sebuah custom game dari Warcraft 3
jika ingin tau asal usulnya dan apa itu Dota silahkan ke sini SEJARAH DOTA

Dota 2 pada dasarnya adalah game 5 vs 5 yang bertujuan untuk saling menghancurkan "Inti" dari markas lawan yang disebut "ANCIENT"




Saat permainan dimulai.. semua pemain memainkan hero yang dimulai dari level 1, dengan kata lain.. hero itu sangat rapuh dan lemah.. dengan exp dan gold yang sedikit. Experience gunanya untuk
menaikkan level dan mempelajari skill yang lebih kuat, dan Gold gunanya untuk dapat membeli item yang mempunyai efek yang bermacam-macam seperti menambah damage, dapat berlari lebih cepat, dan mengeluarkan spell/skill yang bermacam-macam, tentunya akan membuat hero Kamu semakin kuat.

Tujuan utama Kamu adalah untuk menggunakan waktu yang ada untuk mencari Exp dan Gold secepat mungkin, atau membantu tim Kamu untuk melakukan hal tersebut sambil mencegah musuh agar mendapatkan Exp dan Gold yang sedikit mungkin. Jika Kamu bisa naik level dengan cepat dan dapat lebih banyak gold daripada musuh, itu akan membuat tim Kamu untuk membunuh musuh dengan mudah, bangunan (tower dan barrack), dan yang paling penting.. menghancurkan ANCIENT musuh.


Creep


dota 2 creep


Di Dota Ada 3 lane yang mana creep akan muncul setiap 30 detik. Creep tersebut akan berjalan di setiap lane untuk kedua tim dan akan saling menyerang sampai mereka mati. Sobat harus mendekat ke creep musuh.. karena jika creep musuh mati.. creep tersebut akan mengeluarkan Experience untuk tim Kamu di area tersebut.


Farming creep di Dota adalah hal yang sangat penting di early game. Farming disini maksudnya adalah serangan terakhir pada creep (last hit), Jika Kamu menyerang creep dengan serangan terakhir atau serangan Kamu yang membuat creep mati (disebut dengan last hit).
Jika Kamu menyerang creep dengan serangan terakhir atau serangan Kamu yang membuat creep mati (disebut dengan last hit), Kamu akan mendapatkan gold! Jika Kamu ga dapat last hit, Kamu hanya akan mendapatkan experience, dengan catatan.. Kamu harus dekat dengan creep tersebut.
Ini adalah hal pertama yang Kamu harus pelajari agar jadi jago. Pelajari cara untuk mendapatkan last hit creep, jadi Kamu akan mendapatkan gold dan mendapatkan exp tambahan. Diluar dari itu, setiap pemain mendapatkan 5 gold setiap 3 detik sepanjang game berjalan. Tetapi, last hit masihlah sangat penting karena jika Kamu dapat last hit lebih banyak dari pada hero musuh, Kamu bisa menolong tim Kamu agar lebih unggul daripada tim musuh gold yang mana Kamu jadi bisa membeli item yang dapat membuat tim Kamu memenangkan pertarungan dan juga memenangkan gamenya.

Di dalam Dota juga bisa menyerang atau creep sendiri dengan menekan tombol "A" di keyboard lalu klik kiri pada creep teman saat Health Point (darah) creep tersebut dibawah setengah, ini disebut dengan "Deny".
Kamu juga tidak dapat gold dan experience dari Deny creep, ini gunanya agar musuh mendapatkan Experience yang lebih sedikit daripada semestinya dan tidak akan mendapatkan gold dari creep tersebut.


Jadi simplenya gini, siapa yang bagus lasthit nya, banyak last hitnya maka, dia akan mendapatkan lebih banyak gold dan exp dari musuh.

Diawal game, hero menyebar ke tiap lane tergantung role mereka lalu last hit sebisanya sembari deny creep, itu akan sangat menyiksa musuh apalagi kalau ditambah menyicil musuh sebisanya (disebut harassing), tetapi itu semua tergantung komposisi heronya.

Jika musuh Kamu memainkan hero melee (hero jarak dekat) dan Kamu memainkan hero range (hero jarak jauh) Kamu akan mendapatkan keunggulan yaitu bisa mencicil musuh (harass) ketika mereka ingin last hit creep. Jika Kamu cicil musuh dengan baik dan HP mereka sekarat, itu akan memberikan Kamu kesempatan untuk menggunakan skill untuk slow, damage, atau stun agar bisa menghalangi musuh agar tidak bisa berbuat apa apa dan segera membunuhnya. Jika Kamu yang di cicil oleh musuh, pastikan untuk selalu membawa pot HP yang bisa bisa  dibeli di markas untuk selalu memastikan HP Kamu full lagi setelah menerima damage dari musuh jadi musuh akan lebih susah membunuhmu.

Jika Kamu membunuh musuh Kamu di lane atau dimana saja,berarti Kamu telah suskses, maksud sukses disini adalah.
Pertama, musuh Kamu tidak ada di lane (mati) karena semua hero yang mati akan dihilangkan dari map untuk beberapa saat, lama atau tidaknya tergantung level mereka, dan setelah mereka respawn, mereka harus jalan kembali ke lane dari dalam base. dan selama mereka mati, mereka ga mendapatkan gold dan exp.
Kedua, Kamu mendapatkan exp dan gold karena telah membunuh mereka, dan itu akan levelmu lebih tinggi dari mereka, membuat skill Kamu dan hit (klik kanan) lebih kuat daripada musuhmu.

Dengan keunggulan yang Kamu dapat, itu akan membuat Kamu lebih mudah membunuh mereka lagi dan lagi. Ini disebut "SNOWBALLING". Sobat sedikit unggul dan Kamu gunakan itu untuk bisa lebih unggul lagi dan lagi. Satu satunya cara untuk menghentikan snowball adalah dengan membunuh pemain yang "snowballing" Kamu jelas akan mendapatkan "extra" gold karena membunuh hero yang membunuh banyak atau hero yang lagi "kill streak"

Selalu tanamkan di kepala, musuh Kamu mungkin bisa snowballing itu karena perbuatan Kamu sendiri. Jika Kamu mati berkali kali (biasa disebut dengan "Feeding" atau "Feeder") Kamu akan menjadikan musuh lebih unggul dan snowball. JANGAN FEED. Sobat ingin dapat membunuh musuh dengan mudah? lasthit sebanyak banyaknya dan dan selalu minimalisir "DEATH" atau MATI (jangan minus). Untuk menghindari "feeding", jika musuh Kamu mencoba untuk membunuh Kamu dan Kamu berpikir Kamu akan kalah dalam fight. Cara terbaik adalah dengan menggunakan skill yang ada.. entah keluarkan stun atau slow (jika ada) dan SECEPATNYA lari ke tower terdekat.

Dengan mencicil musuh dan "hampir" membunuhnya, musuh pasti sekarat dan mundur ke markas mereka (menambah hp dan mp).Musuh akan kembali hanya jika mereka kehabisan Potion entah healing salve atau Tango, jadi itu akan lebih baik jika Kamu bisa membunuh mereka. Jika mereka balik ke fountain, mereka akan membuang buang waktu yang ada, mereka ga bisa last hit, dan ga ada siapapun untuk deny creep ketika Kamu akan last hit, yang mana akan

memberikan Kamu lebih banyak gold dan exp. Ini memang tidak sebagus saat Kamu bunuh mereka, tetapi ini lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Lihat seberapa jauh mereka harus balik ke markas ketika Kamu cicil mereka

Cara terbaik untuk mencicil musuh Kamu adalah dengan menyerang mereka ketika Kamu unggul jarak jauh / sedang memakai hero range, bisa juga dengan menggunakan Skill / Spell untuk mengeluarkan damage, bisa juga.. jika Kamu mempunyai skill area.. Kamu dapat mencicil musuh pakai skill sambil last hit. Jika Kamu bisa disable mereka dengan slow atau stun, itu bagus, yang mana Kamu bisa hit musuh (klik kanan) ketika musuh terkena stun atau slow.

Istilah lain sih bisa disebut dengan "zoning out".
Artinya adalah menempatkan hero diantara musuh dan creep musuh untuk membuat mereka menjauh, jauh dari jarak cipratan exp.


Sebelum lanjut membahas tentang lane, berikut adalah gambaran umum tentang posisi di map nya.


Jangan pernah Auto Attack, atau meneyerang secara terus menerus creep musuh.. khususnya di early game selalu coba untuk Last Hit atau Deny karena akan menyebabkan creep Kamu akan makin maju ke daerah musuh.. otomatis Kamu akan susah last hit dan musuh akan lebih mudah menjangka dan membunuh Kamu, kecuali jika Kamu dan tim Kamu berniat menghancurkan Tower.

Kadang membunuh atau dibunuh datang secara tak terduga, contohnya seperti.. teman Kamu sedang berjalan menuju ke lane Kamu dari lane lain dan menolong Kamu untuk membunuh musuh dan mendapatkan kill. Itu disebut dengan "GANK".

Ganking adalah hal yang wajib didalam sebuah game karena itu dapat membuat lane tersebut menjadi unggul. Ganking adalah salah satu cara agar seorang pemain dapat mengontrol jalannya permainan. Sobat bisa memastikan bahwa lane Kamu mendapatkan banyak gold dan experience, dan kadang itu disebabkan oleh membunuh hero musuh dan menekan musuh di map.

Jika teman Kamu di mid lagi parah atau tertekan, Kamu bisa membantunya dengan cara ganking musuh di mid. Jika musuh maju "snowball", Kamu bisa memanggil teman untuk membantu agar musuh tersebut tidak bisa berbuat apa apa atau bahkan membunuhnya. Selalu ingat bahwa 2 atau 3 hero yang "lemah" itu hampir selalu kuat daripada 1 musuh yang "mendominasi" atau suka snowball hero karena Kamu bisa bekerja sama untuk sama sama membunuhnya.

Terakhir adalah pulling (narik creep hutan). Untuk menarik, Kamu serang camp musuh neutral creep lalu lari jadi mereka mengikuti Kamu (ini disebut pulling). Saat mereka mengikuti Kamu menuju LANE CREEP KAMU, yang ga ada otak, melihat musuh, lalu mengikuti mereka balik ke hutan dan menyerang mereka. Ketika Kamu melakukan ini, creep di lane akan menolong Kamu membunuh para creep hutan, dan creep hutan menolongmu membunuh creep di lane. Ketika creep hutan tersebut mati, Kamu dan siapa saja yang dekat dengan area itu akan mendapatkan experience. Jika creep di lane Kamu sekarat oleh creep hutan, musuh tidak akan mendapatkan exp dari mereka! Jika Kamu last hit creep hutan, Kamu JUGA akan mendapatkan gold!

Gw yakin penjelasan diatas pasi membingungkan kwkwk.. jadi nonton demonstrasi singkat ini biar paham cara "pulling" di tiap sisi map.

Radiant Single Pull (narik 1x) :

Saat detik :00 tandai setiap menitnya (kecuali saat menit pertama game dimulai ya), sistem di dalam gamenya akan mengecek untuk melihat jika ada creep hutan di markas mereka (camp). Jika tidak ada creep hutan di camp mereka, maka set creep hutan baru akan muncul. Disinilah triknya, yang Kamu harus lakukan adalah menarik creep hutan di waktu yang tepat dan lari (detik :53) dan waktu menunjukkan detik :00 creep hutan akan spawn lagi di tempat Kamu narik creep tadi, dan yang Kamu tarik tadi akan balik lagi ke camp mereka dan pastinya mereka berjumpa tetangga baru wkwk. Ini disebut dengan "stacking" camp. Selalu diingat bahwa stack camp juga dapat membuat farming gold dan exp lebih cepat untuk hero yang punya skill Area of Effect (AoE) yang kuat, jadi selalu pastikan Kamu menyerang musuh saat detik :53 dan segera lari!

Kembali ke narik "pulling", jika Kamu stack di tempat Kamu narik, Kamu sekarang dapat creep 2 kali lebih banyak sekali narik. Ini adalah cara yang paling mudah untuk narik creep hutan dengan aman, tapi ini bukan cara tercepat untuk hero Kamu untuk mendapatkan level. Alasannya karena ada 2 set creep hutan menyerang saat bersamaan sehingga menyebabkan begitu banyak damage pada creep Kamu. Jika Kamu menggunakan metode ini untuk narik.. Kamu tidak akan mendapatkan exp dari creep hutan dengan maksimal otomatis Kamu dapat exp yang sedikit. banyak atau sedikit exp yang didapatkan juga tergantung dari creep hutan apa yang muncul karena mereka mengeluarkan damage yang berbeda beda. Ketika Kamu "stack pull", direkomendasikan untuk Auto Attack jadi Kamu bisa membunuh lebih banyak creep hutan, tidak seperti dalam video ini.

Stack and Pull

Cara yang lebih baik untuk narik, tetapi lebih susah, adalah "narik 2x" Untuk narik 2x. Ketika creep hutan hampir habis, Kamu harus sudah menarik camp lain yang terdekat ke camp sebelumnya. Jika Kamu sukses, Kamu bisa menghajar 2 full camp creep hutan disetiap sekali narik.waktu untuk narik adalah detik :13 atau detik :43 untuk ke 2 sisi map (radiant dan dire), tapi Kamu harus menyesuaikan waktunya jika Kamu terlalu cepat ataupun telat. Narik 2x atau 2 camp secara berkelanjutan itu adalah hal yang sulit dilakukan dan membutuhkan beberapa latihan. Biasanya ketika 1 creep full hp dan 1 creep setengah hp adalah saat dimana Kamu harus segera narik creep hutan ke 2. Tiap creep hutan sangatlah berbeda, jadi harus terus latihan sampai bisa.

Ini adalah video narik 2x pada setiap sisi map. Kamu bisa mempraktekan ini ketika main sendirian, jika Kamu takut mencoba ini di game yang sebenarnya.

Radiant

Dire

Selalu berhati hati jika Kamu ingin mau narik 2x, jika gagal, creep Kamu akan maju nge push sendirian, yang mana akan memberikan musuhmu lebih banyak exp, lebih banyak last hit, dan membuat mu lebih sulit untuk gank mereka. Lebih susah narik 2x jika di posisi dire, jadi harus ekstra hati hati jika Kamu lagi di tim dire

Narik creep adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan level di early game, dan sebuah cara yang lumayan bagus untuk mendapatkan gold. Bagian yang paling penting adalah 2 orang dalam 1 lane bisa mendapatkan exp yang banyak!! yang berarti level juga jadi lebih cepat naik, dan itu membuat musuh Kamu jadi lebih sedikit mendapatkan exp karena creep mati di dalam hutan!

Hal yang perlu diperhatikan bahwa semua exp yang didapat dari musuh yang mati oleh tim Kamu di sebuah area, jadi satu hero yang berdiri di lane mendapatkan semua exp dari creep di lane, dan satu orang menarik mendapatkan semua experience dari creep hutan yang mati didekatnya. Jika kalian berdua berada di lane yang sama, Kamu berbagi exp yang sama.

0 Response to "GUIDE NEWBIE DOTA 2"

Posting Komentar