DOTA 2 SOLO MID GUIDE

 Keuntungan :
- Solo mid adalah role yang paling menyenangkan (menurut saya) Kamu akan memakai hero seperti Invoker, Puck, Qop, SF.
- Kamu adalah penguasa di game.. dengan level yang paling tinggi daripada yang lain dan tentu saja unggul gold.
- Seperti yang saya bilang diawal.. 1 vs 1 adalah role yang paling FUN, ga ada rasa yang paling enak selain membunuh solo mid musuh.

Kekurangan :
- Solo mid itu sangat repot, paling sering menggunakan kurir, waspada gank musuh, mengontrol rune, mengontrol lane (creep).
- Kamu adalah hero yang paling "KUAT" di early-midgame dengan unggul level dan gold, kamu juga dapat membuat kesalahan yang sangat fatal.
- Jika Kamu "FAIL" MID, musuh mempunyai keuntungan yang sangat besar, yang dapat membuat tim Kamu menjadi kalah.
-tidak mudah untuk menjadi solo mid yang baik, posisi ini membutuhkan banyak latihan dan pengalaman.

CREEP BLOCK

Dengan adanya Bounty Rune membuat para Midlaner menjadi jarang untuk BLOCK CREEP
maka timbul sebuah pertanyaan
mana yang penting? BOUNTY RUNE? OR CREEP BLOCK?
menurut saya, yang paling membutuhkan BOUNTY RUNE adalah SUPPORT
kenapa untuk Support? karena itu akan membuatnya menjadi lebih cepat untuk ke level 2
level 2? = EZ KILL, dan mendapatkan bonus gold untuk membeli ward tambahan atau ingin deward.

Creep block adalah hal pertama yang harus dikuasai sebagai seorang midlaner yang baik
Mungkin Kamu sering mendengarnya, pernah mencobanya sesekali kemudian gagal dan tidak pernah mencobanya lagi.
Saya akan menjelaskan keuntungan yang akan Kamu dapatkan jika sukses CREEP BLOCK.
1. Kamu dapat menyicil musuh dari highground (atas) dan musuh susah untuk membalas karena musuh yang berada dibawah mempunyai 25% miss pada setiap hitnya.
2. mengontrol lane dan creep menjadi dapat lebih mudah, karena musuh susah untuk lasthit.
3. musuh tidak dapat melihatmu dan posisimu.

Berikut adalah cara untuk creep block
Pada dasarnya, creep block adalah bagaimana cara untuk menghambat laju creep.. dapat dilakukan dengan menahan laju creep yang paling depan sambil menekan nekan tombol S "STOP" berulang ulang, agak sulit sih kalau pertama kali.. tetapi kalau latihan terus lama kelamaan bisa.



saat waktu menunjukkan 0.00 dan terompet berbunyi kamu langsung jalan.



berikut adalah posisi creep jika Kamu berhasil Block Creep dengan sempurna, musuh akan berada dibawah dan dia akan sulit untuk lasthit.



AGGRO

Aggro, kata yang asing untuk jika Kamu seorang pemula atau bahkan Kamu pernah mendengar kata ini sebelumnya, tetapi Kamu tidak tau sama sekali Aggro itu apa.
Oke saya akan jelaskan, jadi Aggro disini ada 2, Aggro Creep dan Aggro Tower.
Yang akan dibahas disini adalah Aggro Creep, Aggro Creep adalah situasi dimana Kamu menyerang (klik kanan) hero musuh dan Creep disekitarnya langsung menyerangmu, itulah yang disebut Creep Aggro.
Nah disini kita dapat memanfaatkan Aggro Creep tersebut menjadi keuntungan untuk Kamu. Bingung? Oke saya akan jelaskan
1. Aggro Creep dapat membantu kita untuk mendapatkan lasthit.
Misalnya Kamu gagal untuk Creep Block dan midlaner musuh dapat melakukan Creep Block dengan baik, sehingga musuh berada di "HIGHGROUND" dan Kamu berada dibawah yang menyebabkan Kamu susah untuk lasthit, but.. jangan khawatir.. Kamu bisa memanfaatkan Creep Aggro. Target "KLIK KANAN" Hero musuh dan segera mundur, jadi Creep akan mengikuti Kamu dan Kamu dapat lasthit dengan mudah.

2. Aggro dapat membuat kita menjadi bebas dan aman untuk menyicil musuh.
Legenda mengatakan: yang menguasai tekhnik ini hanyalah orang yang terpilih dan populasinya tinggal sedikit.
Lebay ya.. awkkakwk
Tapi.. ini tak sesulit yang dipikirkan orang orang, mungkin Kamu pernah melakukan ini tetapi Kamu tidak menyadarinya.
Mungkin Kamu pernah membayangkan bagaimana player bisa menyerang hero musuh tanpa diserang oleh creep musuh.

Oke jadi Kamu sudah mengerti manfaat dari Aggro itu gimana
Jadi, singkatnya sih gini.

1. Creep akan Aggro pada siapa saja yang menyerang Hero mereka dalam radius 500. Itu berarti jika Kamu menyerang musuh dari jarak 501 dari creep terdekat, creep tidak akan menyerang Kamu.
2. Cooldown dari Creep Aggro adalah 2 detik.
3. Tidak peduli dimana hero musuh yang Kamu serang. Selama Kamu didalam radius 500 dari Creep yang terdekat Kamu juga akan memicu Aggro walaupun Kamu ada di mid, lalu klik kanan hero musuh di lane lain.

Aggro bisa sangat sangat membantu sekali jika digunakkan oleh orang yang tepat, mungkin Kamu adalah orangnya.. Iya KAMU.



Yap, tentu Kalian heran.. kenapa Queen of Pain tidak diserang oleh creep. Sihir dibelakang ini adalah sangat sederhana : Kamu hanya menyerang musuh diluar dari jarak 500. Apa yang terjadi setelah Kamu menyerang, creepnya mau menyerang Kamu tetapi tidak bisa karena Kamu tidak didalam Aggro mereka. Jika Kamu menyerang hero musuh, Kamu akan memicu 2 detik cooldown yang mana Kamu bisa bebas menyerang Hero musuh di 2 detik tersebut dan Kamu tidak akan diserang oleh creep. Jumlah serangan tergantungdari level dan atribut, kebanyakan hero int hanya bisa melakukan 1, kadang 2x serangan sebelum creep akan mulai menyerangmu lagi.

Bagus dalam memanfaatkan Creep Aggro akan menjadi keuntungan yang membuatmu menjadi unggul daripada musuhmu; entah jumlah lasthit, mengatur posisi creep ataupun saling menyicil satu sama lain. Jika Kamu belajar dan menguasai "aturan" dari creep Aggro, Skillmu sebagai seorang Midlaner akan meningkat tajam.

Tips : Jika Kamu ingin latihan menggunakkan creep Aggro, selalu ingat range 500 didalam kepalamu. Kamu bisa memulai dengan mengaktifkan 500 AoE circle menggunakkan command "dota_range_display ###" simbol ### adalah angka yang dimasukkan (dalam kasus ini, isi 500). Lakukan ini didalam private Lobby dengan fitur "cheats on". Command ini harus di ketik didalam Console, jika Kamu tidak tahu caranya lihat gambar dibawah


Jika sudah, tekan tombol yang tepat diatas tombol ENTER "\" untuk mengaktifkan console dan ketik kode diatas.
Command ini akan memunculkan circle 500 AoE di hero Kamu. Tetapi selalu ingat, ini akan di disable secara otomatis jika Kamu ingin find match.
Selalu berlatih, jadi jika Kamu ingin bermain sebagai midlaner, Kamu sudah tau jarak 500 itu kyk gimana.

RUNE CONTROL

Mengontrol siapa yang mendapatkan rune adalah faktor penting didalam seberapa baik Kamu sebagai mid player. 
Di guide ini saya

tidak akan membahas Kamu harus wajib mengambil rune, tidak.. bukan itu.. mengingat tidak semua hero mid diwajibkan mengambil rune, contohnya seperti Invoker.
Yang saya bahas disini adalah apa yang harus dilakukkan jika musuh mendapatkan rune dan apa saja bonus yang diberikan rune tersebut.

Kamu bermain hero seperti QoP, Puck yang membeli Bottle? Tetapi Kamu Kesulitan mendapatkan rune? support musuh sangat aktif mengambil rune? gunakkan bottlecrow
gatau bottlecrow?
Sini saya jelaskan, Bottlecrow adalah memanfaatkan kurir untuk mengisi Bottle, caranya dengan mengambil kurir dari markas lalu menaruh bottle di kurir dan bawa kurir tersebut kembali ke markas untuk mengisi bottle, lalu bawa ambil kembali bottle yang terisi tadi.
Simple? engga!
Bottle crow tips
1. Mengingat Bottle Crow sudah di nerf di dota, jadi.. jangan gunakan speed buff ketika menggunakan kurir dari dalam base, gunakan speed buff saat botol sudah terisi penuh dan siap diantarkan padamu.
2. Kamu harus selalu berhati hati jika musuh punya Nature's Prophet atau Bounty Hunter. Mereka hero yang sangat suka menculik kurir.
3. Dota menyediakan beragam fitur.. termasuk fitur Hotkey, jadi selalu gunakan hotkey jika ingin membeli barang, ini akan membuat membeli barang lebih cepat.
4. Jika Kamu sudah menaruh bottle kosong di kurir, tahan tombol shift, lalu tekan E kemudian T, sesuaikan dengan hotkey Kalian ya.
Rune usage
Haste : Jika Kamu merasa adanya kesempatan, Kamu dapat gank musuh dengan rune ini atau sekedar menyicil musuh di mid dan membuat mereka tidak bisa maju, jika Kamu beruntung, Kamu juga dapat langsung membunuhnya.
Double Damage : Jika Kamu mendapatkan ini, Kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin, seperti zoning out musuh atau deny semua creep nya dan mendapatkan semua lasthit.
Invisibility : sebelum level 6 - 7 rune ini tidak terlalu berguna untuk gank musuh atau gank support yang selalu punya sentry.
Illusion : Para player selalu mengaktifkan rune ini lalu menyerang musuh dengan ilusi dan kemudian mati begitu saja. Padahal rune ini mempunyai potensi yang lebih besar daripada itu, Kamu dapat stack 2 creep hutan sekaligus atau ancient creep dengan rune ini, menaruhnya ditempat spawn rune lalu deny rune tersebut jika ada musuh yang ingin mengambilnya, bodyblock untuk membunuh musuh atau bisa juga untuk membantu lasthit sekaligus menyicil musuh di mid.
Regeneration : You know la.. gaperlu dijelasin kyknya.
sedikit tips :
gunakkan command ini untuk mengecek rune dengan cepat
bind "F2" "dota_camera_set_lookatpos -2273.898682 1832.745483"
bind "F3" "dota_camera_set_lookatpos 3035.773438 -2472.680176"
tinggal ketik command ini di console

GANK ATAU TIDAK?


Kadang sebagai midlaner selalu dihantui oleh pertanyaan pertanyaan tersebut "haruskah saya mendengarkan timku? Dia mati terus dan berkata dia tidak bisa melakukan apa apa di lane, tetapi Saya baru level 3"
Jawabannya adalah TIDAK!!!. Jangan pernah mendengarkan offlaner menangis dan curhat tentang seberapa sulit lane nya, jika mereka memintamu untuk gank sebelum Kamu menyentuh level 5 atau 6 itu berarti mereka CUPU.
Oke saya akan memberikan tips kapan Kamu harus memulai gank.
- Ketika Kamu belum level 6 tetapi Kamu mendapatkan rune haste dan Kamu melihat ada musuh yang setengah hp / sekarat dan dia tidak dapat kembali ke base tepat waktu
- Ketika Kamu level 6 atau lebih dan melihat musuh sedang dive ke teman di area towermu. Selalu bawa TP scroll ketika menyentuh level 6 untuk menjaga jaga ketika ini terjadi. TP kemudian double kill triple kill akan berarti sangat besar di early game.
- Ketika Kamu melihat teamfight / war kecil kecilan di dekat lane mu dan Kamu yakin Kamu akan mendapatkan gold atau exp dari kill atau menyelamatkan temanmu.
- Ketika Support mu lagi deward dan Kamu yakin musuh tidak akan melihatmu datang.
Jika Kamu tidak mempertimbangkan hal yang diatas lalu tetap ingin ganking dan gagal, Kamu akan kehilangan banyak waktu, experience, gold dan ini menyebabkan midlaner musuh menjadi kaya, dan yang lebih parahnya lagi support musuh melihatmu dan menghampirimu lalu membunuhmu.
dan selalu ingat, JANGAN PERNAH LEWAT SUNGAI

CARA MENGHINDARI GANK

Dari warna
Ini sangat bergantung padamu untuk mengingat warna  player / player yang bisa nge gank Kamu dengan sangat mudah.
Di game ini saya memilih SANDKING sebagai ancaman besar. Jika tidak ada warna kuning di map dan carry musuh sedang tidak farming di dekat tower karena Sandking narik creep, Saya harus bermain safe.

TIPS YANG MUNGKIN BERGUNA

Di DOTA, setiap detiknya sangat berharga. Kadang hal yang kecil sekalipun dapat menentukkan kemenangan ataupun kekalahan suatu game.
Hal ini bisa diminimalisir dengan kurir, oke begini caranya :
RADIANT 
DIRE


Catatan !
Memposisikan kurir seperti ini tidak disarankan jika musuh mempunyai hero seperti Furion, dia bisa dengan instant teleport ke markasmu dan langsung membunuh kurir.
Jangan pernah taruh kurirmu diluar jika melawan Nature Prophet.

Ini adalah tips and trick yang berguna jika Kamu bermain sebagai midlaner.
1. Skill Powershot dari Windranger hanya butuh sekitar 0.7 detik atau 70% charge untuk memberikan full damage.
2. Jika Hero musuh berdiri 450 range dari heromu, Kamu dapat mengenai dia dengan 3 raze sekaligus.
3. Jika Kamu agak susah melawan Kunkka mid, karena dia selalu membatalkan torrent (fake torrent) belilah MAGIC STICK. Ketika charge stick muncul, itulah saat dia mengeluarkan Torrent nya
4. Efek miss dari laser tinker masuk setelah beberapa detik setelah damage. Kamu dapat menghindarinya (tapi tidak damagenya) dengan menggunakan skill phaseshift puck.
5. Skill Overload dari Storm Spirit dapat di picu ketika proyektil hit dari Storm Spirit sudah dikeluarkan. Gunakan trik ini agar mudah mendapatkan firstblood.
6. Kamu dapat menggunakan salve dan botol ketika dalam efek Rot dari Pudge, hanya level 1-3, 4 udah gabisa.

0 Response to "DOTA 2 SOLO MID GUIDE"

Posting Komentar